082380733316

Pekonmerbau123@gmail.com

Peran Sekdes Dalam Pemutakhiran Data SDGs

07 Maret 2021
948 Kali dibuka

Tersedia file lampiran Formulir Kuesioner Pendataan SDGs Desa

Peran Sekretaris Desa (Sekdes) dalam Pemutakhiran Data SDGs Desa dijelaskan dalam Standart Operasional Prosedur Pelaksanaan Pemutakhiran Data SDGs Desa yang dikeluarkan oleh Kementerian Desa PDTT RI.

Sekretaris Desa memiliki peran yang sangat penting dalam pelaksanaan pemutakhiran dana SDGs Desa. Ini tidak terlepas dari kedudukannya sebagai Ketua Kelompok Pelaksana (Pokja) Relawan Pendataan SDGs Desa.

Dijelaskan pada SOP, setidaknya terdapat 14 peran utama sekdes dalam rangka pendataan atau pemutakhiran data SDGS Desa di desanya.

Sekretaris Desa berperan:

  1. Sebagai pimpinan pada level desa dalam pengelolaan proses teknis pemutakhiran data SDGs Desa
  2. Setiap hari memantau proses perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pemutakhiran data SDGs Desa
  3. Menyiapkan data awal yang mencakup nama dan alamat dari keluarga dan warga desa (by name by address atau BNBA), mencakup data:
  4. Warga desa yang sakit menurut jenis penyakit, warga desa yang menggunakan metode modern keluarga berencana, stunting pada bayi, balita, dan anak-anak (di bawah 15 tahun) dari Puskesmas dan Puskesmas Pembantu yang melayani desa setempat, serta dari Polindes, Poskesdes, Posyandu di desa setempat
  5. Akreditasi sekolah, jumlah murid dan guru dari PAUD, SD, SMP dan sederajat, SMA dan sederajat yang terdapat di desa setempat
  6. Warga yang turut serta dalam kegiatan penyetaraan pendidikan di desa setempat, pelatihan tenaga kerja d. Data warga yang turut serta pada berbagai kegiatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat
  7. Bersama-sama pendata mengisikan data BNBA tersebut ke dalam kuesioner keluarga dan warga masing-masing. Ini adalah pengisian data yang tidak membutuhkan wawancara dengan keluarga dan warga tersebut, karena datanya telah ada di lembaga yang bersangkutan.
  8. Melatih pendata, dan memastikan pendata siap untuk mengumpulkan data lapangan
  9. Menetapkan penugasan kepada pendata dari perangkat desa dan pengurus rukun tetangga, serta lokasi Rukun Tetangga untuk penugasan pendata dari warga desa
  10. Memantau, memberikan penjelasan dan motivasi, serta mengatasi masalah yang ditemui di lapangan
  11. Melakuan pengecekan terhadap seluruh hasil isian aplikasi kuesioner yang dihasilkan seluruh pendata
  12. Berhubungan dengan dengan Kementerian Desa PDTT, baik melalui pendamping desa maupun melalui Tim Sapa Desa, untuk melaporkan hasil kegiatan maupun dalam menyelesaikan masalah
  13. Menyelesaikan pengisian aplikasi seluruh kuesioner SDGs Desa
  14. Menyiapkan musyawarah desa pada akhir proses pemutakhiran data desa untuk mencek akhir hasil data SDGs Desa

SHOW LESS ( Sumber Amre Channel )

Link download Formulir Kuesioner Pendataan SDGs Desa: Kuesioner Pendataan Desa:

Kuesioner Pendataan Keluarga:

 

Bagikan

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail
Komentar
Ketik Captcha

Aparatur Pekon

PJ.Kepala Pekon

HENDRYADI,S.E

Sekertaris Pekon

WARSIYAM

KAUR PERENCANAAN

MIFTAHUL FIRDAUSY

Kaur Keuangan

KOMARULLOH

KASI PEMERINTAHAN

LIAUDIN

KAUR TATA USAHA DAN UMUM

AHMAD DIMYATI

KASI PELAYANAN

JUMIATI

Kepala Dusun

CICI CAHYATI

KEPALA DUSUN II

SAIMAN

KEPALA DUSUN III

PAENO

KEPALA DUSUN IV

YUYUN YUNINGSIH

STAF

ARSINAH

RT I MERBAU

SUHERMAN

RT II MERBAU

SARYONO

RT IIII MERBAU

TUKIMAN

RT I MARGASARI

TASMIRUDIN

RT III MARGASARI

REBOD

RT II MARGASARI

KARYOTO

RT I PURWODADI

TUMADI

RT I GUNUNG SARI

IDRIS APANDI

RT II GUNUNG SARI

SUPRIYO

Operator SID

TURIPTO

Kepala Dusun 1

RONI PASLAH

Nama Pekon : Merbau
Kode Pekon : 1806282003
Kecamatan : Klumbayan Barat
Kode Kecamatan : 180628
Kabupaten : Tanggamus
Kode Kabupaten : 1806
Provinsi : Lampung
Kode Provinsi : 18
Kode Pos : 35383
Kepala Pekon :
Kantor : Jl. Lintas Pertiwi No.01 Pekon Merbau
Telp : 082380733316
Email : Pekonmerbau123@gmail.com

Agenda

Terjadwal

Mohon maaf, belum ada agenda yang akan dilaksanakan...

Sebelumnya

27 Desember 2021 10:00:00
Tempat : Balai Pekon Merbau

Kegiatan Serah Terima Dokumen LPPD DAN LKPJ Pemerintah Pekon Merbau Periode 2016 - 2021

Koordinator :

    Lokasi Kantor Pekon

    Wilayah Pekon

Transparansi Anggaran

APBDes APBP PERUBAHAN TAHUN 2020 Pelaksanaan

PENDAPATAN

Rp. 1,029,044,166Rp. 1,199,936,891

85.76 %

BELANJA

Rp. 1,136,341,770Rp. 1,136,341,770

100 %

APBDes APBP PERUBAHAN TAHUN 2020 Pendapatan

Dana Desa

Rp. 874,904,000Rp. 874,904,000

100 %

Bagi Hasil Pajak dan Retribusi

Rp. 7,675,166Rp. 19,187,913

40 %

Alokasi Dana Desa

Rp. 106,465,000Rp. 265,844,978

40.05 %

Bantuan Keuangan Kabupaten/Kota

Rp. 40,000,000Rp. 40,000,000

100 %

APBDes APBP PERUBAHAN TAHUN 2020 Pembelanjaan

BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DESA

Rp. 278,224,834Rp. 278,224,834

100 %

BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA

Rp. 339,443,000Rp. 339,443,000

100 %

BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN

Rp. 3,212,936Rp. 3,212,936

100 %

BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Rp. 16,661,000Rp. 16,661,000

100 %

BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK DESA

Rp. 498,800,000Rp. 498,800,000

100 %